Tuyul part 1 (Kisah Mistis Tuyul)



Film Tuyul

Film Tuyul ini dilakukan shooting nya sekitar pertengahan tahun 2014 sebelum film Kampung Zombie. Film ini menceritakan tentang kehidupan sepasang suami-istri yaitu Daniel (diperankan Gandhi Fernando) dan Mia (diperankan Dinda Kanya Dewi). Kehidupan Daniel dan Mia berubah setelah Daniel secara tidak sengaja menemukan botol berisi makhluk Tuyul. 

Film ini bergenre Psikologis Horror. Film ini akan dibuat dalam tiga seri, seri pertama yaitu Tuyul part 1 dan diproduksi oleh Renee Pictures, ditayangkan bulan April 2015, sedangkan part 2 rencananya akan ditayangkan sekitar awal 2017.


Tuyul

Kisah mistis tuyul,  Makhluk kecil ini sering di jadikan “kambing hitam” atas hilangnya harta benda baik berupa uang atau perhiasan. Makhluk gaib bernama Tuyul ini sering dijadikan pesugihan jika ingin memperoleh harta kekayaan dengan tidak wajar.

Menurut paranormal kondang Frans Wiguna, Makhluk bernama Tuyul ini tidak berjenis kelamin, serta berasal dari dimensi lain. Tuyul masuk kedalam realm awal yaitu realm kesatu, dimana dia adalah cikal bakal jiwa yang baru, tuyul berasal dari roh bayi keguguran atau bayi aborsi. Untuk dapat dijadikan makhluk pesugihan, maka Tuyul sebenarnya dirawat dengan kasih sayang, dan demi mendapatkan kasih sayang itulah dia biasa dimanfaatkan oleh manusia. Tuyul memiliki koloni dan termasuk makhluk paling lemah. Dia akan lari secepat kilat jika bertemu dengan manusia.
Tuyul memiliki kemampuan manipulasi pikiran dan membuat pertikaian antara manusia, dengan cara merasuki atau menyamar. Tuyul pintar dalam membuat jebakan dan tipu muslihat lainnya namun semuanya adalah berdasarkan perintah dari Raja Tuyul atau Tuannya (manusia). Raja bangsa tuyul memiliki kemampuan mengumpulkan dan mengontrol tuyul yang lainnya untuk suatu tujuan.
Tuyul juga ada yang memiliki kemampuan membunuh, dan penampilannya berbeda dengan tuyul lainnya, biasanya digunakan oleh manusia untuk membunuh saingan bisnis.

Character Tuyul

 

Karakter Tuyul dalam film Tuyul part 1 diperankan oleh aktor senior yaitu Dicky Topan (pemeran serial, Entong). Karakter ini di desain oleh Billy Christian dengan consultant dari paranormal Citra Prima yang ikut berperan sebagai Karina dalam film ini, dan dibuat prosthetic-nya oleh Febyanto (9mm) dan painting dilakukan oleh Made Nusha (9mm). Yang menarik dari karakter ini adalah bagian kepalanya yang berbentuk dari banyak tonjolan dan lekukan. Billy ingin menampilkan sosok Tuyul yang “disturbing” walau tidak terlalu seram tetapi sosok ini harus mampu membuat penonton terganggu oleh kehadirannya di dalam film. Sosok ini harus berbeda dari Tuyul yang sudah mainstream di makeup film Indonesia.

Bahan untuk bagian kepala Tuyul pun terbilang cukup sulit mencarinya di Indonesia sehingga untuk menghemat waktu dalam produksi, bahan jadi terpaksa harus di import dari Jepang. Bahan terbuat dari foam silicon dan memiliki kesulitan dan keahlian khusus dalam mengolah, membuat serta memasangkan di bagian kepala. Makeup karakter indonesia ini menghabiskan waktu 3 jam setiap harinya dalam jadwal shooting yang padat. 

Karakter ini sengaja dibuat memiliki 4 jari (walaupun sesungguhnya tuyul memiliki 5 jari) dan pemilihan warnanya pun sengaja dibuat grey blue untuk menyamakan warna ambience dari set dan lighting (Walaupun dalam halaman ini anda akan melihat Tuyul berwarna merah namun itu akibat dari resolusi kamera handphone dan cahaya ruangan.)
Sebenarnya ada 2 versi dari tuyul ini yaitu versi test make up dan versi final. Versi final dapat dilihat di film Tuyul part 1. 

Tuyul versi test make up :
Tuyul ini terlihat terlalu “zombie” banget (mungkin karena kita terlalu sering membuat makeup zombie indonesia :D ) , dan bagian kepalanya kurang “greget”, Sehingga akhirnya karakter ini dibuat ulang kepalanya.





Tuyul versi final :
Versi ini yang ditampilkan dalam film Tuyul part 1 :







Proses Make Up Tuyul









Mungkin next film akan ditampilkan jenis tuyul yang lainnya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

Our team